Selasa, 16 Oktober 2012

Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Kas




Faktor-faktoryang mempengaruhi besarnya kas minimal
          Seperti halnya barang dagangan dan piutang, maka kas pun juga perlu mempunyai persediaan minimal ( safety cash balance ) atau persediaan besi kas. Yang di maksud persediaan besi kas adalah jumlah minimal dari kas yang harus di pertahankan oleh perusahaan agar dapat memenuhi kewajiban finasialnya sewaktu-waktu. Persediaan kas minimal ini berbeda-beda antara satu perusahaan dengan
perusahaan lain. Hal itu tergantung pada beberapa faktor, yaitu antara lain seebagai berikut.
1) Perimbangan antara  aliran kas masuk dan aliran kas keluar
     Perimbangan yang baik mengenai jumlah waktu dan antara kas masuk dan    kas keluar mengakibatkan perusahaan tidak perlu mempunyai persediaan kas yang besar, sebab setiap pengeluaran kas akan dapat di penuhi dari penerimaan kas.
2) Penyimpangan aliran terhadap aliran kas yang di perkirakan.
          Untuk menjaga likuiditas, perusaan perlu membbuat perkiraan aliran         kas. Bila aliran kas berjalan sesuai perkiraannya, maka perusahaan tersebut tidak menghadapi kesukaran likuiditas sehingga tidak perlu menyediakan kas yang besar. Sebaiknya, bila sering terjadi penyimpanagan dari perkiraan, maka perusahaan perlu menyediakan persediaan kas yang agak besar.
Penyimpangan yang merugikan aliran kas, misalnya adanya emogokan tenaga kerja, banjir, angin puyuh, kredit macet, dan sebagainya.
3) Adanya hubungan yang baik dengan bank.
          Perusahaan yang telah berhasil membina hubungan dengan bank akan lebih mudah mendapatkan keredit untuk menghadapi kesukaran finansialnya. Bagi perusahaan ini, tidak perlu mempunyai persediaan kas yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar